Sabtu, 21 April 2012

Teknik Proyeksi Bisnis

BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat dan pesat khususnya teknologi pengolohan data, mengharuskan untuk dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dan berkualitas untuk dapat mengikuti kemajuan yang ada. Diera globalisasi  ini, komputer merupakan alat bantu yang  sangat diperlukan dan  digunakan diseluruh bidang yang dapat menyelesaikan pekerjaan atau masalah- masalah yang kompleks secara cepat, tepat, efektif, dan efisien termasuk pengolahan data.
Namun pengolahan data yang baik tidak menjamin sebuah perusahaan dapat menuju kesuksesan sebagai mana yang diharapkan oleh tiap prusahaan, sehingga untuk mencapai kesuksesan sebuah bisnis, diperlukan adanya perancangan yang matang,serta adanya teknik khusus dalam melihat tingkat bisnis dimasa akan datang,oleh sebab itu dapat kita melihat bahwa,dalam mengelolah sebuah bisnis diperlukan peramalan melalui data-data yang ada.
Peramalan  merupakan  bagian  awal  dari  suatu  proses  pengambilan suatu  keputusan.    Sebelum  melakukan  peramalan  harus  diketahui  terlebih dahulu apa sebenarnya persoalan dalam pengambilan keputusan itu.
Untuk mengimplementasikan keadaan di atas dan melihat kondisi tersebut , penulis mengangkat judul makalah yaitu Menuju Tatanan Bisnis Yang Baik Dengan Peramalan

B.    Batasan Masalah
Dalam makalah ini penulis membatasi permasalahan yang akan disajikan, dimana hanya meliputi :
1.  Bagaimana teknik peramalan yang baik terhadap bisnis yang ada ?
2.  Bagaimana dampak peramalan terhadap bisnis yang ada ?

C.    Tujuan
Pada batasan masalah yang ada, maka penulis dapat mengambil sebuah sinopsis bahwa tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui teknik peramalan yang baik dan wajah binis yang ada di Indonesia.




















BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


A.     Pendapat Para Ahli
            Teknik Proyeksi bisnis merupakan suatu cara atau pendekatan untuk menentukan ramalan ( perkiraan ) mengenai sesuatu dimasa yang akan datang. Proyeksi ( forecast ) menjadi sangat penting karena penyusunan suatu rencana diantaranya didasarkan pada suatu proyeksi atau forecast. Selain itu Forecasting juga bertujuan agar forecast yang dibuat dapat meminimumkan pengaruh ketidakpastian terhadap perusahaan atau meminimumkan kesalahan meramal (forecast error) yang biasanya diukur dengan Mean Square Error (MSE), Mean Absolute Error (MAE).
            Menurut J. SuprantoTeknik proyeksi bisnis adalah suatu cara atau teknik yang dipakai dalam bisnis untuk meramalkan keadaan bisnis pada masa yang mendatang.
            Menurut Sukanto Reksohadiprodjo Teknik Proyeksi Bisnis adalah cara untuk menerjemahkan segala sesuatu ketidakpastian dan resiko yang terjadi dimasa yang akan datang ke dalam hal-hal sekitar lebih mudah di pergerakan, di kendalikan dan di cari alternative pemecahan masalahnya.
            Menurut J. Stoner Teknik proyeksi bisnis adalah seni atau ilmu untuk memperkirakan bisnis di masa depan.
            Jadi dapat disimpulkan berdasarkan pendapat para ahli bahwa Tenik Proyeksi Bisnis adalah suatu study tentang bagaimana sutu bisnis dijalani dan mepekirakan atau meramalkan bagaimana bisnis dijalani di masa yang akan datang dan menghitungkan resiko-resiko yang akan di hadapi serta bagaiman cara mengatasinya.

B.    Tujuan Peramalan
            Tujuan Peramalan berdasarkan waktu yang ada meliputi :
1.    Jangka pendek (Short Term)
      Menentukan kuantitas dan waktu dari  item dijadikan produksi. Biasanya, bersifat harian ataupun mingguan dan ditentukan oleh Low Management.
2.    Jangka Menengah (Medium Term)
      Menentukan  kuantitas  dan  waktu  dari  kapasitas  produksi.  Biasanya, bersifat bulanan ataupun kuartal dan ditentukan oleh Middle Management.
3.    Jangka Panjang (Long Term)
      Merencanakan  kuantitas  dan  waktu  dari  fasilitas  produksi.  Biasanya, bersifat tahunan, 5 tahun, 10 tahun, ataupun 20 tahun dan ditentukan oleh Top Management.

















BAB III
PEMBAHASAN


A.     Teknik Peramalan
            Teknik peramalan yang baik terhadap bisnis yang ada di Indonesia merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan,oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik peramalan yaitu :
1.    Horizon Peramalan
       Ada  dua  aspek  dari  horizon  waktu  yang  berhubungan  dengan  masing - masing  metoda peramalan yaitu : Cakupan waktu dimasa yang akan datang  dan jumlah periode untuk mana ramalan diinginkan.
2.    Tingkat Ketelitian
       Tingkat  ketelitian    yang  dibutuhkan  sangat  erat  hubungannya  dengan tingkat perincian yang dibutuhkan dalam suatu peramalan. Untuk beberapa pengambilan  keputusan  mengharapkan  variasi  atau  penyimpangan  atas ramalan  yang dilakukan, sedangkan untuk hal atau kasus lain mungkin menganggap bahwa adanya  variasi atau penyimpangan atas ramalan yang cukup berbahaya.
3.    Ketersediaan Data
       Metode  yang  dipergunakan  sangat  besar  manfaatnya,  apabila  dikaitkan dengan keadaan atau informasi yang ada atau data yang dipunyai. Apabila dari data yang lalu diketahui adanya pola musiman, maka untuk peramalansatu  tahun  ke  depan  sebaiknya  digunakan  metode  variasi  musim. Sedangkan  apabila  dari  data  yang  lalu  diketahui  adanya  pola   hubungan antara  variable - variable  yang  saling  mempengaruhi,  maka  sebaiknya dipergunakan metode Sebab Akibat  (causal) atau korelasi (correlation).
4.    Bentuk Pola Data
       Dasar utama dari metoda peramalan adalah anggapan bahwa macam dari pola  yang  didapati  didalam  data  yang  diramalkan  akan  berkelanjutan. Sebagai  contoh,  beberapa  deret  yang  melukiskan  sutau  pola  musiman, demikian pula halnya dengan suatu pola trend. Metoda peramalan yang lain mungkin  lebih  sederhana,  terdiri  dari  suatu  nilai  rata - rata,  dengan fluktuasi yang acakan atau  random yang  terkandung.
       Oleh karena adanya perbedaan kemampuan metoda peramalan untuk mengidentifikasikan pola - pola data, maka  perlu  adanya  usaha penyesuaian  antara  pola  data  yang telah  diperkirakan  terlebih  dahulu  dengan  teknik  dan metoda  peramalan yang akan digunakan. 
5.    Biaya
       Umumnya ada empat unsur biaya yang tercakup dalam penggunaan suatu prosedur  ramalan,  yaitu  biaya - biaya  pengembangan,  penyimpanan data,  operasi pelaksanaan  dan  kesempatan penggunaan  teknik - teknik  dan metoda  lainnya.  Adanya  perbedaan  yang  nyata  dalam  jumlah biaya,  mempunyai  pengaruh  atas  dapat  menarik  tidaknya  penggunaan metode tertentu untuk sutau keadaan yang dihadapi.
6.    Jenis dari model
       Sebagai  tambahan perlu diperhatikan anggapan beberapa pola dasar  yang penting dalam data. Banyak metoda peramalan  telah menganggap adanya beberapa  model  dari  keadaan  yang  diramalkan  .  Model    model  ini merupakan suatu derat dimana waktu digambarkan sebagai unsur penting untuk  menentukan  perubahan    perubahan  dalam  pola,  yang  mungkin secara  sistematik  dapat  dijelaskan  dengan  analisis  regresi  atau  korelasi. Model  yang  lain  adalah  model  sebab  akibat  atau  “causal  model”,  yang menggambarkan  bahwa  ramalan  yang  dilakukan  sangat  tergantung  pada terjadinya  sejumlah  peristiwa  yang  lain,  atau  sifatnya  merupakan campuran dari model – model yang telah disebutkan diatas. Model – model tersebut  sangat  penting  diperhatikan,  karena  masing    masing  model tersebut  mempunyai  kemampuan  yang  berbeda    neda  dalam  analisis keadaan untuk pengambilan keputusan.
7.    Mudah tidaknya penggunaan dan aplikasinya
       Satu  prinsip    umum  dalam  penggunaan  metoda  ilmiah  dari  peramalan untuk  menagement  dan  analisis  adalah  metoda    metoda  yang  dapat dimengerti  dan  mudah  diaplikasikan  yang  akan  dipergunakan  dalam pengambilan  keputusan  adan  analisa.  Prinsip  ini  didasarkan pada  alasan bahwa,  bila  seorang  manajer  atau  analisis  bertanggung  jawab  atas keputusan  yang  diambilnya  atau  hasil  analisa  yang  dilakukan,  maka  ia sudah tentu diyakininya. Jadi, sebagai ciri tambahan dari teknik dan metoda peramalan adalah  bahwa  yang  diperlukan untuk memenuhi  kebutuhan dari  keadaan ialah  teknik  dan  metoda  peramalan  yang  dapat  disesuaikan  dengan kemampuan  dari manager  atau  analisis  yang  akan menggunakan metoda ramalan tersebut.  tidak menggunakan dasar yang tidak diketahuinya atau tidak.

B.    Dampak Peramalan Terhadap Bisnis
            Metoda yang dipergunakan sangat besar manfaatnya, apabila dikaitkan dengan  informasi  atau  data  yang  dipunyai.  Apabila  dari  data  yang  lalu diketahui adanya pola musiman, maka untuk peramalan satu tahun kedepan sebaiknya  digunakan metoda variasi musim. Sedangkan apabila dari data yang  lalu  diketahui  adanya  pola  hubungan  antara  variabel - variabel  yang  saling mempengaruhi, maka  sebaiknya  dipergunakan metode  sebab  akibat  (  causal) atau korelasi (cross section ).
            Sebagaimana  diketahui  bahwa  metoda merupakan  cara  berpikir  yang sitematis  dan  pragmatis  atas  pemecahan  suatu  masalah.  Dengan  dasar  ini, maka metoda peramalan merupakan cara memperkirakan apa yang akan teradi pada  masa  yang  akan  datang    secara  sistematis  dan  pragmatis  ;  sehingga metoda  peramalan  sangat  berguna  untuk  dapat  memperkirakan  secara sistemtis  dan  pragmatis  atas  dasar  data  yang  relevan  pada masa  yang  lalu, dengan  demikian  metoda  peramalan  diharapkan  dapat  memberikan obyektifitas yang lebih besar terhadap bisnis.
            Disamping  itu metode peramalan  juga memberikan  urutan  pengerjaan dan  pemecahan atas  pendekatan  suatu masalah  dalam  peramalan, sehingga bila  digunakan  pendekatan  yang  sama  atas  permasalahan  dalam  suatu kegiatan peramalan, maka akan didapat dasar pemikiran dan pemecahan yang sama, karena argumentasinya sama. Dengan  penggunaan  teknik - teknik  tersebut,  maka  diharapkan  dapat memberikan  tingkat  kepercayaan  dan  keyakinan  yang  lebih  besar,  karena dapat  diuji  dan  dibuktikan  penyimpangan  atau  deviasi  yang  terjadi  secara lmiah.
            Dari uraian ini, dapatlah disimpulkan bahwa metode peramalan sangat berguna terhadap bisnis atau usaha yang sedang dijalankan saat ini,  karena  akan  membantu  dalam  mengadakan  pendekatan  analisa terhadap  tingkah  laku  atau  pola  dari  data  yang  lalu sehingga  dapat memberikan  cara  pemikiran,  pengerjaan dan pemecahan  yang  sistematis  dan pragmatis,  serta  memberikan  tingkat  keyakinan  yang  lebih  besar  atas ketepatan hasil ramalan yang dibuat, atau yang disusun. Selain itu dengan peramalan ini kita bisa mengetahui bagaimana wajah atau kondisi usaha yang kita lakukan saat ini, bahkan kita bisa mengetahui pula arah dan tujuan serta tindakan yang harus dilakukan untuk masa yang akan datang.
BAB IV
PENUTUP



A.     Simpulan
            Berdasarakan penjelasan diatas maka dapat kita menarik sebuah kesimpulan yaitu :
1.    Teknik peramalan yang baik mengacu pada horizon peramalan, tingkat ketelitian, ketersediaan data, bentuk pola data, biaya, jenis dari model, mudah tidaknya penggunaan dan aplikasinya.
2.    metode peramalan sangat berguna terhadap bisnis atau usaha yang sedang dijalankan saat ini,  karena  akan  membantu  dalam  mengadakan  pendekatan  analisa terhadap  tingkah  laku  atau  pola  dari  data  yang  lalu sehingga  dapat memberikan  cara  pemikiran,  pengerjaan dan pemecahan  yang  sistematis  dan pragmatis.

B.    Saran
            Sebagai manusia yang tidak pernah lepasa dari kesalahan, tentu saja dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki.
            Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca, serta dosen pengajar demi kelayakan makalah ini dan berbesar hati memaafkan kekurangan dan kesalah penulis dalam makalah ini.






DAFTAR PUSTAKA




                   Indartono Setyabudi. 2006. Modul Perkuliahan Teknik Proyeksi Bisnis (Forecasting). Program studi management fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Yogyakarta

                   http:/artikel.isnet.org/ekonomi/manajemen/perwncanaan.html11/9/99. Hal. 1




       http://universitasindonesia.blogspot.com/pengertian-perencanaan-para-ahli.html










Tidak ada komentar:

albumQ

albumQ
Takbir Azzam